Kementan Genjot Ekspor Arang Kelapa di Tengah Covid-19

0
576

Sumber: agrofarm.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) tetap mendorong produksi dan ekspor produk turunan kelapa di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya adalah produk arang kelapa.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Kasdi Subagyono mengatakan, Indonesia berpotensi menjadi negara produsen arang kelapa nomor satu di dunia. Sebab, produk arang kelapa dapat dimanfaatkan untuk banyak hal.

“Coconut charcoal banyak dimanfaatkan selain untuk bahan obat dan farmasi, juga digunakan sebagai bahan bakar shisha atau hookah atau rokok arab di Kawasan Timur Tengah, sedangkan di Kawasan Eropa digunakan sebagai bahan bakar BBQ atau barbeque,” kata Kasdi, Jumat (10/4).

Baca: Dampak Corona, Ekspor Minyak Sawit Anjlok 35,6 Persen

Kasdi menyampaikan, potensi tersebut harus dimanfaatkan, salah satunya dengan memperkuat hilirisasi dalam menghasilkan produk-produk turunan kelapa yang dapat memberikan nilai tambah langsung ke petani serta memperluas akses pasarnya.

Untuk itu, Kementan tetap konsisten menggenjot produksi dan ekspor produk turunan kelapa, khususnya arang kelapa, meski dunia saat ini dilanda wabah corona.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor arang kelapa Indonesia pada tahun 2019 mencapai 188.050 ton dengan nilai ekspor sebesar 145,09 juta dolar AS.

“Produk arang kelapa Indonesia paling banyak diekspor ke negara China, Brazil, Jerman, Lebanon, Malaysia, Belanda, Rusia, Arab Saudi, Sri Langka, dan Vietnam,” ujarnya. (sh/republika/kompas)

 

DISKUSI: