Kemenperin Targetkan Penurunan Impor 35 Persen pada 2022

0
162

Sumber: beritasatu.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kemenperin) menargekan penurunan impor sebesar 35 persen pada 2022.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, sebelumnya pengurangan impor ditargetkan pada 2021, namun karena ada pandemi Covid-19, target harus disesuaikan.

“Kami dari Kemenperin, sudah secara awal mencoba merumuskan road map agar kita bisa dorong substitusi impor sebesar 35 persen. Tadinya kalau nggak ada Covid-19, targetnya by the end 2021, tapi karena ada Covid-19 ada adjustment karena kondisi sedang tidak normal, market lesu,” kata Agus, Rabu (27/5).

Baca: PT Garam: Impor Garam Sebabkan Harga Garam Anjlok

Agus menyampaikan, sebelum pandemi Covid-19 terjadi, Prompt Manufacturing Indext (PMI) industri dalam negeri masih sangat baik.

“Beberapa bulan yang lalu industri kita sedang menggeliat, di mana ketika Covid-19 belum menyerang secara masif di Indonesia, di mana PMI beberapa bulan lalu masih sangat baik,” ujarnya.

Akan tetapi, kata Agus, Kemenperin harus melakukan penyesuaian target penurunan impor setelah adanya pandemi di mana situasi pasar tengah lesu.

“Nah ini akan kami adjust dan kami akan menargetkan 35 persen pengurangan impor by the end of 2022,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, pencapaian target ini akan memerlukan kerjasama dari banya pihak, baik dari pemerintah di lain Kementerian atau lembaga, dunia usaha, perbankan dan juga yang lainnya.

“Seperti saya sampaikan, kalau pengembangan industri Cuma perlu tanda tangan saya, bisa cepat. Hanya saja kan harus memahami yang dihadapi sektor lain, keharusan ktia untuk mampu rumuskan kebijakan yang komprehensif, tidak boleh korbankan sektor tertentu,” terangnya. (sh/republika/liputan6)

DISKUSI: