Kemenperin Fokus Tingkatkan Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman

0
71

Sumber: marketeers.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah fokus mengembangkan industri makanan dan minuman (mamin).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, industri mamin merupakan sektor andalan karena mampu memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

Agus menuturkan, dengan pengembangan yang terus digalakkan, industri mamin Indonesia ke depannya diharapkan bisa berdaya saing global.

Baca: Kemperin Benahi Industri Tekstil

“Maka pemerintah telah menetapkan industri mamin menjadi salah satu dari lima sektor manufaktur yang diprioritaskan pengembanganya sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0. Melalui implementasi 4.0 ini, diharapkan industri mamin kita lebih berdaya saing hingga kancah global,” ujar Agus, Minggu (26/1).

Dia menyampaikan, Kemenperin bersama Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) saat ini tengah mendorong pembangunan pusat inovasi. Hal ini dilakukan agar para pelaku industri bisa memanfaatkan teknologi modern sehingga produk yang dihasilkan bisa lebih kompetitif baik di pasar domestik maupun global.

“Apalagi pemerintah telah menyiapkan insentif super deduction tax bagi perusahaan yang ingin mengembangkan inovasi,” tuturnya.

Kemenperin mencatat, total nilai ekspor produk mamin merupakan yang tertinggi di kelompok manufaktur dengan capaian 27.28 miliar dolar AS pada 2019. Selain itu, industri mamin juga merupakan penyetor terbesar nilai investasi pada periode Januari-September 2019 dengan nilai Rp 41.43 triliun. (sh/republika/tempo)

 

DISKUSI: