Kemenhub: Jumlah Penumpang Pesawat Turun 70 Persen

0
125

Sumber: alinea.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan jumlah penumpang pesawat domestik dan internasional pada Maret 2020 turun drastis akibat virus corona.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati menyebutkan, jumlah penumpang pesawat turun ra-rata 40 – 60 persen dari Februari ke Maret 2020. Angka penurunan tersebut masih bisa menurun lagi karena Maret masih berjalan.

Dia menyampaikan, penurunan paling dalam terjadi pada penumpang pesawat internasional sebesar 66 -70 persen dari Februari hingga Maret.

Baca: Redam Dampak Corona, Menkeu akan Evaluasi Kebijakan Ekonomi

“Penurunannya dari Feburari ke Maret ini yang bisa kita prediksi semua karena banyak travel warning dan travel advice,” kata dia, Jumat (20/3).

Dia mengatakan, turunnya jumlah penumpang angkutan umum adalah wajar di tengah menyebarnya wabah virus corona. Di sisi lain, menurutnya, penurunan tersebut menunjukkan keberhasilan upaya pemerintah dalam mengurangi mobilitas masyarakat sehingga membantu meredam penyebaran virus corona.

“Segala upaya ini diharapkan dapat membantu secara signifikan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19,” ujarnya.

Dia menuturkan, Kemenhub sudah menjalankan arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan langkah menjaga jarak di seluruh angkutan publik baik darat, laut, dan udara.

“Kami menjalankan arahan Presiden untuk menerapkan secara ketat, pembatasan sosial di area-area publik yakni di bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, dan terminal bus untuk mencegah penularan Covid-19,” tuturnya.

Dia menyatakan, penggunaan angkutan umum akan menjadi salah satu topik utama yang dbahas oleh Kemenhub dalam beberapa waktu ke depan.

“Ini jadi konsen yang luar biasa. Efeknya atau dampaknya ke angkutan umum sudah diperkirakan,” ucapnya. (sh/republika/kompas)

 

 

 

 

 

DISKUSI: