Kemendagri Perkuat Nilai-Nilai Pancasila di Kampus

0
88

Sumber: pikiran-rakyat.com

Jakarta, Liputanislam.com– Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (kemendagri), Bahtiar mengatakan bahwa pihaknya bersama Yayasan Bentang Merah Putih akan menggelar Goes To Campus tahun 2020 dengan mengangkat tema “Pembumian Mutiara-Mutiara Pancasila.” Program itu sebagai penguatan penanaman nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial bangsa.

“Dalam kehidupan bernegara, sikap Nasionalisme menjadi salah satu syarat mutlak yang wajib ditumbuh-suburkan. Nah, untuk itu kami menggagas gerakan Nasional Is Me dengan tema utamanya Pembumian Mutiara-Mutiara Pancasila yang akan mengunjungi 22 Perguruan Tinggi se-Jabodetabek dengan target minimal dihadiri oleh 500 mahasiswa sebagai generasi milenial,” ucapnya di Jakarta pada Sabtu (8/2).

Menurutnya, di tengah pesatnya kemajuan akses informasi dan globalisasi sekarang ini, para generasi muda tidak boleh kehilangan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Karena itu, pihaknya menggalang gerakan Goes To Campus, Nasional Is Me. “Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai Nasionalisme dalam diri Anak Muda Indonesia hingga ke akar, sehingga dapat menjadi pondasi kuat dalam membangun karakter bangsa,” katanya.

“Nilai-Nilai luhur Pancasila hendaknya kembali menjadi The Way Of Life dari generasi milenial. Ini hendaknya dapat tercermin dari sikap dan perilaku dari generasi milenial dalam kesehariannya” tambahnya.

Baca: Seskab: Pemerintah Saat ini Fokus Pada Pembangunan SDM

Selain itu, untuk mensukseskan pembumian mutiara-mutiara Pancasila didukung juga oleh 19 stasiun radio dari berbagai daerah di tanah air. “Ada 19 stasiun radio yang sudah bekerja sama dan menyatakan siapa yang akan menyiarkan live talkshow secara serentak. Ini kami apresiasi, karena artinya, mereka berkomitmen untuk turut serta dalam Pembumian Mutiara-mutiara Pancasila,” tandas Bahtiar. (aw/suara/pikiran-rakyat).

DISKUSI: