Kemendag: Harga Bahan Pokok Masih Tinggi

0
199

Sumber: suara.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebutkan harga sejumlah bahan pokok memasuki bulan puasa masih tinggi. Harganya masih di atas harga eceran tertinggi (HET).

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto mengatakan, harga bahan pokok yang mengalami lonjakan harga adalah bawang merah, bawang putih, dan gula pasir.

“Bawang merah dibandingkan sebulan lalu ada kenaikan 13 persen. Begitu juga gula pasir masih ada kenaikan dibanding bulan lalu, sekarang harganya Rp 18 ribuan begitu,” kata Suhanto, Kamis (23/4).

Baca: Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Naik

Suhanto menuturkan, harga rata-rata nasional bawang putih per 22 April sebesar Rp 38 ribu per kilogram (kg). Harga tersebut masih di atas HET yang sudah ditetapkan sebesar Rp 35 ribu per kg. Meski demikian, harga bawang putih tercatat turun lebih dari 5 persen dibandingkan bulan lalu sekitar Rp 45 ribu-Rp 47 ribu per kg.

“Bawang putih sekarang posisinya relatif turun dibanding sebulan sebelumnya. Saat ini rata-rata nasional bawang putih sudah berada di angka Rp 38 ribu,” tuturnya.

Sementara itu, harga gula pasir mengalami kenaikan sebesar 4,56 persen dari Rp 17.500 per kg menjadi Rp 18.300 per kg. Harga tersebut lebih tinggi dari HET yang ditentukan sebesar Rp 12.500 per kg.

Dia menerangkan, data harga tersebut adalah hasil pemantauan Kemendag dari 223 pasar di 95 kabupaten kota yang tersebar di 34 provinsi.

“Jadi data harga ini didapat dari contributor kami setiap hari jam 14.00 siang,” ucapnya. (sh/cnbcindonesia/cnnindonesia)

 

 

DISKUSI: