Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Naik

0
224

Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mengatakan harga kebutuhan pokok menjelang puasa mengalami kenaikan.

“Yang naik itu hanya minyak goreng dan bawang merah, sisanya masih stabil tinggi. Stabil tinggi itu sepertinya tidak bisa pada posisi normal,” kata Ketua Umum Ikappi Abdullah Mansuri, Selasa (21/4).

Abdullah menyebutkan, bawang putih seharusnya Rp 30.000-33.000 per kilogram (kg) sekarang masih Rp 40.000-42.000 per kg. Harga cabai rawit masih tinggi, gula pasir masih Rp 18.000 dari sebelumnya Rp 12.000-3.000.

Dia menyarankan, pemerintah harus bisa menjaga ketersediaan stok pangan di pasar. Sebab, jika permintaan tinggi, harganya akan semakin naik.

Baca: Bulog: Harga Beras Masih Tinggi Meski Ada Panen Raya

“Saran saya pemerintah harus memastikan untuk stok jangan sampai kurang di pasar, kalau sampai kurang besok begitu demand-nya tinggi harganya kan naik terus, ini yang berbahaya di awal Ramadan sebenarnya, tapi untuk sekarang stoknya aman,” tuturnya.

Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan instansi terkait untuk memastikan agar harga kebutuhan pokok tidak mengalami lonjakan.

“Ini yang masih naik beras, mulai naik sedikit. Harga gula tidak bergerak sama sekali, justru malah naik jadi Rp 19.000 per kg, bawang bombai, bawang putih juga belum turun. Saya tidak tahu apakah dari Kementerian Perdagangan sudah melihat lapangannya bahwa ii belum bergerak,” ujar Jokowi, Selasa (21/4).

Jokowi meminta agar menteri dan pimpinan lembaga pimpinan terkait memeriksa dengan teliti keadaan di lapanga. Dia mengaku heran dengan kenaikan harga beras karena harga gabah kering sudah mengalami penurunan.

“Saya juga melihat di lapangan harga gabah kering turun lima persen, tapi berasnya naik 0,4 persen. Ini ada apa? Tolong lapangannya diperiksa betul. Pasti ini ada masalah,” ungkapnya. (sh/tempo/liputan6)

 

DISKUSI: