Kemenag Kabupaten Bandung Bolehkan Salat Jumat Dua Gelombang

0
83

Sumber: pikiran-rakyat.com

Bandung, Liputanislam.com– Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kabupaten Bandung membolehkan masyarakat menggelar salat Jumat dua gelombang khusus masjid dengan kapasitas kecil. Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas) Kabupaten Bandung, Undang Suryana membenarkan hal itu dan untuk masjid besar maka salat Jumat tetap dilaksanakan satu gelombang.

“Boleh, salat 2 gelombang bagi masjid yang kecil. Tapi bagi masjid yang memadai (masjid raya) tidak,” ujarnya di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (4/6).

Menurutnya, soal salat Jumat dua gelombang saat ini masih dalam tahap sosialisasi oleh Kantar Urusan Agama (KUA) setiap kecamatan. “Jadi diatur jaraknya, terus berapa jumlah kapasitasnya, yang biasa 200 jadi 80 orang. Nah gelombang pertama 80 dulu. Yah sekitar 40 persenan,” katanya.

Terkait hukum dan teknis pelaksanaan, Suryana mengaku tidak ada masalah. “Tidak masalah. Karena saat gelombang satu imamnya itu khatibnya itu. Gelombang dua sama dengan khatib yang berbeda,” terangnya.

Baca: Bersama KSAD, Mahfud MD Bahas Pertahanan Negara di Pulau Terluar

“Beberapa masjid yang sebelumnya ditutup akan dibuka kembali untuk salat Jumat. Di antaranya masjid raya yang lokasinya berada di pusat keramian,” tandas Suryana. (aw/detik).

DISKUSI: