Kebagian 17.565 KIP, Kemenag: ini Upaya Tingkatkan SDM Indonesia

0
91

Sumber: kemenag.go.id

Jakarta, Liputanislam.com– Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) mendapatkan amanah menyalurkan 17.565 Kartu Indonesia Pintar (KIP). Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin mengatakan bahwa program pemerintah ini adalah instrument dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

“KIP Kuliah selain diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi, harus berorientasi pada kualitas dan prestasi. Kita harus membuktikan bahwa Program KIP Kuliah dapat mentransformasi peningkatan kualitas SDM Indonesia,” ucapnya di Jakarta, seperti dilansir kemenag.go.id pada Minggu (15/3).

Mahasiswa penerima KIP nantinya akan mendapatkan pelayanan akademik yang unggul juga mendapat pendampingan dan pembinaan yang baik. “Kita harus meyakinkan bangsa ini bahwa prodi-prodi keagamaan juga memberikan dampak empiris kepada bangsa dan berkonstribusi secara fundamental” ujarnya.

Terlebih bidang-bidang keagamaan, lanjut dia, sangat penting dalam menjaga kedamaian dan kerukunan di tengah keberagaman bangsa. “Indonesia negara yang sangat majemuk ini dapat berjalan dengan damai salah satunya karena peran dan kontribusi pendidikan Islam,” tambah Amin.

Sementara Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam, Arskal Salim menjelaskan bahwa pada tahun 2020 ini Kemenag Agama mendapatkan alokasi KIP Kuliah sebanyak 17.565 orang dari total mahasiswa 1,15 juta mahasiswa secara nasional.

“Hampir 70% anak-anak Indonesia yang seharusnya kuliah tetapi tidak dapat melanjutkan studi pada pendidikan tinggi, karenanya kehadiran KIP Kuliah amat strategis,” terangnya.

Baca: Penerima KIP Kuliah Harus Berwawasan Moderat

Ia juga meminta semua pimpinan kampus terkait agar benar-benar memperhatikan mekanisme menyaluran KIP. “Perhatikan mekanisme dan tata kelola pencairan anggaran KIP Kuliah, karena ini menjadi konsen Badan Pemeriksa Keuangan, sebagaimana dengan dana PIP,” tandasnya. (aw/kemenag/pelitakarawang).

 

DISKUSI: