Karantina Wilayah, Kementan: Tak Perlu Khawatir Soal Distribusi Beras

0
287

Sumber: ekonomi.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan distribusi beras akan tetap aman di tengah menguatnya isu karantina wilayah.

Kepala Distribusi Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan Kementan, Inti Pertiwi mengatakan, pemerintah pusat akan menjaga kelancaran distribusi pangan ke wilayah Jabodetabek sebagai pusat Covid-19.

“Apabila angkutan mengalami kesulitan, setiap angkutan yang membawa komoditas pangan pokok akan diberikan surat jaland ari instansi ketahanan pangan,” kata dia, Selasa (31/3).

Baca: Indonesia Ekspor 20 Ton Beras ke Singapura

Dia mengungkapkan, saat ini yang menjadi kendala adalah adanya beberapa produsen yang menghentikan pasokan beras ke wilayah Jabodetabek. Menurutnya, seharusnya distribusi beras tidak terganggu dengan isu karantina wilayah.

“Hambatan yang timbul karena ada beberapa produsen yang menghentikan pengiriman karena kekhawatiran lockdown dan penularan Covid-19,” ujarnya.

Meski begitu, stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) saat ini aman. Hingga Senin (30/3), stok beras di PIBC mencapai 27 ribu ton atau berada pada batas aman stok beras harian.

“Namun, sejauh ini belum mengganggu stok beras,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Billy Haryanto menyampaikan, meski karantina wilayah diterapkan, hal itu hanya akan membatasi pergerakan orang dari satu wilayah ke wilayah lain. Karantina wilayah tidak membatasi pergerakan distribusi barang.

“Jadi di perbatasan wilayah nantinya para sopir truk yang membawa beas tinggal menunjukkan kartu pas,” ungkapnya. (sh/republka/medcom)

 

 

DISKUSI: