Indonesia Ekspor 20 Ton Beras ke Singapura

0
211

Sumber: detik.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Indonesia berhasil mengekspor 20 ton beras premium Pandan Wangi Cianjur ke Singapura di tengah wabah virus corona.

Asisten Manager PT Buyung Poetra Sembada, Fredi mengatakan, beras Pandan Wangi Cianjur merupakan salah satu varitas yang digemari di Singapura. Selain teksturnya yang pulen, beras ini mengeluarkan aroma wangi alami ketika di masak.

“Keunggulan komparatif ini membuat beras Pandan Wangi Indonesia memiliki market tersendiri di Singapura,” kata Fredi, Senin (30/3).

Baca: Puncak Panen April, Kementan: Stok Beras Surplus hingga Mei

Dia menuturkan, ekspor beras ini merupakan bentuk komitmen perusahaannya terhadap masyarakat Indonesia dan juga dalam rangka menyukseskan Program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) yang dicanangkan Menteri Pertanian Syahrun Yasin Limpo.

Dia berharap, pemerintah terus meningkatkan produktivitas beras Pandan Wangi Cianjur untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor.

Selain itu, pemerintah juga diharapkan agar terus meningkatkan upaya promosi keunggulan beras Pandan Wangi Cianjur dibandingkan dengan beras serupa yang dihasilkan oleh negara-negara pesaing.

“Ada nilai lebih dari selisih harga yang dibayarkan dibandingkan ketika membeli beras dari negara lain,” ucapnya.

Terkait hal ini, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Gatut Sumbogodjati mengatakan, pemerintah tengah melakukan upaya untuk meningkatkan daya saing beras umum di pasar internasional. Salah satunya dengan menggunakan mekanisasi pertanian.

Penggunaan mekanisasi pertanian dapat menurunkan biaya produksi dan memperbaiki kualitas gabah kering panen yang dihasilkan. Selain itu, mekanisasi pertanian juga menjadi salah satu upaya untuk meminimalisasi interaksi pekerja untuk mencegah penyebaran virus corona. (sh/medcom/antaranews)

DISKUSI: