Jumlah Penduduk Indonesia Capai 319 Juta Jiwa pada 2045

0
7

Sumber: minenews.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi jumlah penduduk Indonesia pada 2045 mencapai 319 juta jiwa atau meningkat 52 juta jiwa dibandingkan saat ini sebanyak 267 juta jiwa.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pemerintah harus menyiapkan berbagai fasilitas untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penduduk tersebut agar beban generasi mendatang tidak berat.

“Sekarang jumlahnya 267 juta, naiknya luar biasa. Jadi dari sekarang kita harus bisa menyiapkan berbagai fasilitas supaya anak dan cucu kita nanti bebannya tidak berat,” ujar Suhariyanto, Jumat (14/2).

Baca: BPS: Jumlah Penduduk Miskin Turun Sebanyak 2,479 Juta orang

Suhariyanto menyampaikan, meski prediksi ini sudah dilakukan dengan metode ilmiah, sensus penduduk tetap harus dilakukan dan diupdate lagi.

“Nanti kita update lagi 2020 dengan mempertimbangkan beberapa asumsi,” ucapnya.

Dalam hal ini, BPS bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan United Nations Populations Fund (UNFPA) dalam melakukan proyeksi tersebut. Hal ini agar perhitungan data penduduk lebih akurat dan pemerintah dapat menyiapkan strategi untuk membuat kebijakan tentang apa yang harus dilakukan.

“Kita harus sudah memikirkan apa yang akan terjadi dan harus dipikirkan dari sekarang. Jika tidak diantisipasi maka akan luar biasa jebloknya,” kata dia.

Dia menjelaskan, BPS akan menggunakan teknologi digital dalam pengumpulan data karena lebih efisien ketimbang cara konvensional. Pada tahun ini, pemerintah akan membuka sensus penduduk secara online melalui sensus.bps.go.id pada 15 Februari-31 Maret 2020.  (sh/tempo/cnnindonesia)

DISKUSI:
SHARE THIS: