Jelang Konferensi, Wapres Minta FKUB Ikut Redakan Konflik Global

0
114

Sumber: Kompas.com

Jakarta, Liputanislam.com– Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma’ruf Amin menerima kunjungan Panitia Pelaksana Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi forum kerukunan umat berama (FKUB) se-Indonesia di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (10/3). Wapres meminta FKUB ikut berperan aktif membangun kerukunan antar umat yang lebih luas dan ikut meredakan konflik global.

“Kita juga punya kepentingan untuk mengawal di tingkat global. Konferensi ini saya anggap  sesuatu yang bisa kita mulai dulu nanti kita adakan lebih luas yang mencermikan atau mempresentasikan agama di seluruh dunia ini,” ujranya.

Menurut Wapres, kalau konferensi FKUB nantinya dihadiri tokoh berbagai agama dari berbagai negara, maka sejalan dengan keinginan Pemerintah Indonesia yang hendak mengadakan pertemuan tokoh berbagai agama sedunia. Pertemuan ini diharapkan bisa menyelesaikan masalah maupun konflik agama di belahan dunia, seperti di India, Myanmar, dan negara lainnya.

“Kita tahu, konflik global itu sudah ditangani melalui politik belum selesai, secara militer malah tambah luas, apa tidak mungkin nanti didekatkan melalui pendekatan keagamaan,” ucapnya.

Baca: MUI Minta Lembaga Sensor Lebih Selektif Loloskan Film

Terlebih, banyak pihak yang menilai kerukunan agama di Indonesia layak dijadikan contoh bagi kerukunan umat beragama di negara lainnya. “Nah religiusitas ini memang saya dengar dari beberapa orang termasuk dari Liga Islam dan duta besar mengatakan model sistem kerukunan yang dibangun di Indonesia,” tambahnya. (aw/republika/kompas).

DISKUSI: