Jaga Warisan, Renovasi Masjid Istiqlal Selesai Sebelum Ramadhan

0
101

Sumber: gesuri.id

Jakarta, Liputanislam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (7/2) mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta meninjau renovasi yang sedang berlangsung. Presiden menjelaskan bahwa renovasi dilakukan dengan hati-hati dan tetap menjaga bentuk aslinya. Sebab, sebagai warisan budaya tidak boleh ada yang rusak.

”Memang banyak hal yang memang tidak bisa dikerjakan karena ini adalah heritage, ada warisan pusaka sehingga pengerjaannya memang hati-hati, harus hati-hati. Tidak boleh merusak, tidak boleh mengganti,” ucapnya.

Menurut Presiden renovasi akan selesai sebelum Ramadhan pada bulan April 2020 mendatang. Sehingga nantinya sudah bisa digunakan untuk salat tawarih. ”Ini adalah renovasi besar sejak 41 tahun yang lalu karena anggaran yang diperlukan untuk ini cukup gede, 475 miliar, yang itu dipakai untuk memperbaiki, memoles lantai, mengganti karpet, mengganti lighting, mengganti sound system, semuanya,” katanya.

Perbaikan lainnya yakni menambah basement yang di depan ini, parkirnya basement-nya ditambah, sehingga nanti parkir tidak berada di area batas suci yang digunakan untuk salat. ”Sehingga memang juga pembangunan landscape di luar, jadi bukan hanya interior tapi eksterior semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkungan Istiqlal ini juga nanti akan semuanya diperbaiki sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi,” terangnya.

Baca: Presiden: Kesolidan Anak Bangsa Sangat Penting di Era Globalisasi ini

Presiden Jokowi juga mengakui telah menyetujui usulan untuk dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral. ”Tadi sudah saya setujui, sekalian. Sehingga ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi, tidak kelihatan berseberangan tapi silaturahmi terowongannya,” tambahnya. (aw/setkab/detik).

DISKUSI: