Imam Besar Itsiqlal: Pahala Ibadah di Rumah Tak Kalah Dengan di Masjid

0
270

Sumber: aktual.com

Jakarta, Liputanislam.com– Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, KH Nasaruddin Umar meminta umat agar benar-benar memahami keadaan Ramadhan tahun ini yang tidak biasa karena munculnya pandemi covid-19. Ia mengingatkan bahwa keadaan ini adalah keadaan darurat. Karena itu Kiai Nasaruddin meminta agar umat sebaiknya melakukan berbagai rangkaian ibadah Ramadhan di rumah saja. Terlebih pahala ibadah di rumah tidak kalah dengan di masjid.

“Kali ini ada sesuatu yang sifatnya sangat darurat, karena itu kita pahami bersama Sholat Tarawih itu sunah, sholat di masjid itu sunah tetapi mempertahankan kesehatan diri dan keluarga itu wajib,” ucapnya saat berada di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (23/4).

Ia menegaskan bahwa menolak kemudharatan atau mencegah menularnya Covid-19 itu lebih utama daripada mengejar manfaat seperti pahala. “Rangkaian ibadah ibadah kita di rumah, insya Allah pun juga pahalanya tidak kalah, apalagi dalam kondisi darurat seperti ini,” ungkapnya.

Bahkan Kiai Nasaruddin menambahkan, ada hadits Rasulullah SAW yang mengatakan muka bumi ini adalah masjid atau tempat sujud. Karena itu, rumah juga kata dia, bagian tempat sejud. Dengan kata lain, umat tidak perlu berkecil hati kalau belum bisa melakukan ibadah di masjid pada Ramadhan kali ini. Sebab kesehatan dan keselamatan harus tetap diutamakan.

Baca: Dewan Masjid Imbau Umat Muslim Ibadah di Rumah

“Karena itu jangan merasa kurang kalau kita sholat tarawihnya di rumah, karena ini kondisinya darurat, dalam kondisi darurat itu kita memungkinkan melakukan sesuatu apa yang kita tidak lakukan,” tambahnya. (aw/kompas/republika).

DISKUSI: