ICMI Ajak Masyarakat Bijak Bermedsos

0
39

Sumber: arahkita.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Prof  Jimly Asshiddiqie mengajak masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial (medsos). Bijak dalam memanfaatkan kemajuan teknologi seperti medsos merupakan hal yang penting agar tidak muncul perselisihan dan permusuhan.

Demikian hal itu disampaikan Jimly dalam Konpers: Refleksi Akhir Tahun dan Rekomendasi Silaknas ICMI tahun 2019 di ICMI Center Jakarta, pada Jumat (27/12).

“ICMI mengajak semua pihak untuk akrab dengan teknologi modern tetapi sekaligus membiasakan kemampuan untuk memilih yang positif dari teknologi modern,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat hendaknya bersikap hati-hati dan bijak sehingga kemajuan teknologi tidak menghancurkan kehidupan sosial. “Teknologi jangan sampai menghancurkan kita, tetapi kita juga jangan sampai baper (bawa perasaan). Jangan buat keputusan. Jangan bersikap karena informasi yang muncul di media sosial,” ucapnya.

Baca: Abdul Mu’ti: Cerdas itu Mampu Bedakan Hak dan Batil

Sementara terkait pembatasan teknologi dan pemblokiran, menurut dia, bukan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul di media sosial. Hanya saja Jimly menekankan agar pemerintah dan masyarakat bersikap bijak dalam menghadapi medsos. Tidak boleh saling benci dan bermusuhan. (aw/republika/elshinta).

 

DISKUSI:
SHARE THIS: