Abdul Mu’ti: Cerdas itu Mampu Bedakan Hak dan Batil

0
107

Sumber: Indopolitika.com

Langkat, Liputanislam.com– Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menjelaskan bahwa ada tiga karakter manusia cerdas. Hal yang pertama adalah mampu membedakan antara yang hak dan batil. Tahu yang mana benar dan salah.

“Bukan justru sebaliknya, yang batil dianggap benar dan yang hak dipandang salah. Sebab,salah kaprah antara yang hak dan batil di era banjir informasi seperti sekarang ini, memang sudah menjadi fenomena umum,” ujarnya di Langkat, Sumatera Utara pada Sabtu (28/12).

Mu’ti mengaku prihatin dengan adanya kecanggihan era digital dengan akses internet tanpa batas ini, justru dijadikan jalan untuk mencari pembenaran bukan mencari kebenaran. Asal merasa sesuai, dijadikan rujukan dan langsung anti pati terhadap sesuatu yang berbeda, bahkan menjadikannya sebagai musuh.

Hal kedua tanda cerdas ialah memiliki pikiran yang terbuka, open minded. Sehingga kebenaran yang diperoleh itu berdasarkan ilmu bukan berdasarkan hawa nafsu. Hal ketiga adalah bertanggung jawab terhadap apa yang dikatakan dan dilakukannya. Tentunya, dasar ucapan dan tindakannya juga bersumber pada ilmu pengetahuan yang logis dan dapat dipertanggung-jawabkan.

Baca: Presiden: ini Negara Pancasila Bebas Beragama dan Beribadah

Ketiga hal itulah, lanjut Mu’ti yang ingin diwujudkan Muhammadiyah. Perjuangan dakwah persyarikatan Muhammadiyah sebenarnya ingin menciptakan masyarakat dan bangsa Indonesia yang bijak bertindak, yang berilmu, dan berakhlak. (aw/SM).

DISKUSI: