Harga Terus Anjlok, Pemerintah akan Tingkatkan Serapan Garam Petani

0
114

Sumber: jawapos.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Harga garam petani terus mengalami penurunan. Pada tahun lalu, harga garam masih di atas Rp 1000 per kilogram (kg), tetapi saat ini harga garam sekitar Rp 300-400 per kg.

Menanggapi hal ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan, pemerintah akan menaikkan serapan garam petani lokal dari 1,1 juta ton menjadi 1,5 juta ton.

“Ini harus dicari jalan keluar. Penyerapan garam yang tadinya 1,1 juta ton, sudah diputuskan menjadi 1,5 juta ton oleh pemerintah ke pelaku usaha kepada masyarakat industri garam lokal,” kata Edhy, Jumat (6/3).

Baca: Harga Garam Lokal Masih Jauh di Bawah Biaya Produksi

Edhy mengungkapkan, keputusan tersebut merupakan hasil rapat koordinasi bersama antar kementerian untuk meningkatkan harga garam. Penyerapan garam akan dilakukan pada Juni 2020 hingga 2021.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyampaikan, pelaku industri garam telah menandatangani perjanjian kerja sama penyerapan dengan petani garam. Dia menuturkan, kebijakan ini sebenarnya sudah disepakati sejak tahun lalu.

“Kami sangat menyambut baik karena itu sebenarnya bukan hal baru. Kami memang mewajibkan industri pengguna garam untuk membeli garam dari petani di Indonesia,” ujarnya.

Meski begitu, dia meminta agar kualitas garam petani lokal bisa disesuaikan dengan kebutuhan industri, seperti berkadar NaCI mencapai 98 persen.

“Tetap ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Jadi tidak apa ada peningkatan dari sisi kuantitas, tapi tentu spesifikasinya harus ayang dibutuhkan industri,” ucapnya. (sh/kumparan/cnnindonesia)

 

 

DISKUSI: