Harga Cabai Merah di Pasar Kramat Jati Turun

0
117

Sumber: mediaindonesia.com

Jakarta, LiputaIslam.com— Harga cabai merah besar di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur sudah mulai turun hingga Rp 65.000 per kilogram (kg). Sebelumnya harga cabai merah menyentuh Rp 80.000 per kg hingga Rp 85.000 per kg.

Sutrisno, seorang pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, mengatakan, turunnya harga cabai disebabkan oleh pengiriman yang datang tepat waktu. Pasokan cabai diperoleh dari luar kota, seperti Magelang, Malang dan Subang.

“Kemarin, harganya sempat naik karena pengirimannya telat, sekarang udah mulai turu lagi jadi Rp 65.000 per kilogram,” ujarnya, Kamis (27/2).

Baca: Kementan Pastikan Stok Cabai Aman hingga Idul Fitri

Sedangkan, harga komoditas lainnya seperti cabai hijau saat ini sebesar Rp 5.000 per kg, cabai merah keriting sebesar Rp 25.000 per kg, dan tomat merah, Rp 10.000 per kg.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya akan terus mengantisipasi lonjakan harga dan menjaga stabilitas pasokan dan harga.

Syahrul menyampaikan, Kementan telah mengantisipasi lonjakan harga cabai rawit dan bawang putih beberapa waktu lalu dengan menambah pasokan cabai dari luar Jawa ke Jakarta dan meningkatkan pasokan bawang putih ke sejumlah pasar di berbagai daerah.

Dalam hal ini, Kementan bekerja sama dengan pemerintah daerah, Satgas Pangan, dan Perkumpulan Pelaku Usaha Bawang dan Sayuran Umbi Indonesia dengan menggelar pasar murah untuk menekan harga cabai dan bawang putih. (sh/republika/kompas)

 

DISKUSI: