Harga Bawang Putih Melonjak, Kementan Pastikan Stok Aman

0
74

Sumber: kumparan.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Harga komoditas bawang putih dalam beberapa hari terakhir mengalami lonjakan. Lonjakan ini terjadi karena terhambatnya distribusi akibat virus corona.

Berdasarkan data Pusat In formasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga bawang putih di provinsi DKI Jakarta sudah mencapai Rp 68.350 per kilogram (kg), di Kalimantan Timur sebesar Rp. 59.000 per kg dan di Jogjakarta sebesar Rp 58.750 per kg.

Baca: Virus Corona Merebak, Harga Bawang Putih Meroket

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan, pasokan bawang putih masih tersedia sampai Maret 2020. Saat ini pasokan bawang putih mencapai 133.000 ton.

“Impor sudah masuk, sekarang ada di importir semua. Totalnya 133.000 ton, masih cukup sampai akhir Maret. Kalau tahun 2020 lagi sedang dihitung Kemendag,” kata Agung di Jakarta, Minggu (9/2).

Dia menyampaikan, Kementan hanya perlu mengeluarkan stok bawang putih ke sejumlah pasar. Untuk itu stok komoditas tersebut dipastikan masih aman.

“Sekarang stoknya masih ada, jadi kita sekarang tinggal keluarkan saja, stok yang kita punya masih aman” tuturnya.

Selain itu, Direktur Utama Food Station Arief Prasetyo Adi menyatakan, stok bawang putih akan bertambah dengan adanya panen dari 170 hektare (Ha) lahan dengan perkiraan 1 ha akan menghasilkan 6 ton bawang putih.

“Jadi kita punya food stasion nanam 170 Ha, kita nanam ada di Tegal, Guci, Wonosobo dan Temanggung kita semua tanam. 1 Ha kurang lebih 6 ton. Perkiraan itu kita akan panen maret lah,” ujarnya. (sh/detk/tribunnews)

DISKUSI: