Harga Ayam Jatuh, Kementan Fasilitasi Pembelian Ayam dari Peternak

0
441

Sumber: ekonomi.bisnis.com

Jawa Timur, LiputanIslam.com— Harga ayam di tingkat peternak jatuh karena terdampak penyebaran pandemi virus corona (Covid-19). Kondisi ini membuat peternak di Madiun membagikan ayam hidup kepada masyarakat sebagai ungkapan kekecewaan atas jatuhnya harga ayam.

Di tingkat peternak, harga ayam sekarang di bawah Rp 10.000 per kilogram (kg). Harga tersebut jauh di bawah ongkos produksi peternak yang bisa mencapai Rp 18.000 per kg.

Menyikapi situasi tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) akan memfasilitasi pembelian ayam dari peternak yang terdampak Covid-19.  Hal ini dilakukan untuk meringankan beban peternak sehingga tidak merugi.

Baca: Dampak Corona, Peternak Ayam Terancam Gulung Tikar

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Wemmy Niamawati mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kementan untuk mengatasi merosotnya harga ayam.

“Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur terus berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan pihak terkait untuk mengatasi permasalahan harga ayam hidup di peternak,” kata Wemmy, Sabtu (18/4).

Dia menyampaikan, Kementan dan Provinsi Jawa Timur melakukan berbagai trobosan. Salah satunya berkolaborasi bersama e-commerce pertanian, seperti Tanihub, dan juga perusahaan transportasi online guna meningkatkan penjualan.

Menurutnya, anjloknya harga ayam terjadi karena menurunnya permintaan pasar di tengah pasokan berlebih akibat pandemi Covid-19.

“Penyebab rendahnya harga ayam pedaging di tingkat peternak, akibat kelebihan pasokan karena menurunnya permintaan pasar terkait wabah Covid-19,” ujarnya. (sh/kompas/medcom)

 

 

DISKUSI: