Hardiknas Saat Covid-19, Mendikbud: Momentum Inovasi Pendidikan

0
203

Sumber: kalderanews.com

Jakarta, Liputanislam.com– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud), Nadiem Makarim menyampaikan pidatonya secara daring (online) pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2020. Nadiem mengajak masyarakat Indonesia agar tetap semangat di tengah kondisi wabah covid-19 ini. Bahkan kondisi seperti ini menurutnya dapat menjadi momentum bagi kita untuk melakukan banyak inovasi dalam pendidikan.

“Tetap semangat dalam melalui krisis Covid-19, khususnya untuk warga yang berada di dunia pendidikan. Dari krisis ini banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang dapat diterapkan,” ucapnya di Jakarta pada Sabtu (2/5).

“Untuk pertama kalinya guru guru melakukan pembelajaran lewat online menggunakan tool-tool baru dan menyadari bahwa sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di manapun,” tambahnya.

Menurut Nadiem, munculnya wabah yang membuat anak-anak harus belajar di rumah, secara tidak langsung untuk pertama kalinya membuat para orangtua menyadari akan betapa sulitnya tugas guru, dan betapa sulitnya tantangan untuk bisa mengajar anak secara efektif sehingga menimbulkan empati pada para guru yang tadinya mungkin belum ada.

“Guru, siswa, dan orang tua juga sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan hanya satu hal yang bisa dilakukan di sekolah,” ungkapnya.

Baca: Mendagri: Pemerintah Siapkan Dua Opsi Khusus Hadapi Covid-19

Di tengah kondisi sulit seperti sekarang ini pun, lanjut dia, kita harus tetap optimis dan bergerak maju. “Belajar memang tidak selalu mudah, tapi ini saatnya berinovasi, ini saatnya kita bereksperimentasi. Ini saatnya kita mendengarkan hati nurani kita dan belajar dari Covid-19 agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan,” tandas Nadiem. (aw/kompas/republika).

DISKUSI: