Haedar Nashir: Keberagamaan Jadi Solusi Persoalan Umat dan Bangsa

0
169

Sumber: republika.co.id

Solo, Liputanislam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan bahwa permasalahan hari ini yang sedang dihadapi oleh Indonesia bukan saja keberagaman yang dimaknai sebagai beragamnya konteks agama, budaya, sosial dan ekonomi, tetapi juga soal keberagamaan yang melekat di dalamnya. Munculnya wabah covid-19 seperti saat ini berpengaruh terhadap tatanan sosial masyarakat Indonesia.

Demikian itu disampaikan Haedar pada saat mengisi Kajian tarawih daring Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang mengangkat tema “Keberagaman Dalam Perspektif Islam” seperti dilansir republika.co.id pada Rabu (20/5).

Menurutnya, ditengah wabah sekarang ini beberapa ormas Islam mencoba memberikan solusi dengan memperbolehkan untuk beribadah di rumah tetapi tetap memperhatikan rukunnya. Terlebih sudah semestinya keberagamaan memang menjadi solusi terhadap berbagai persoalan umat dan bangsa.

“Keberagamaan kita menjadi solusi bagi persoalan umat dan bangsa. Agama menjadi pemecah masalah, menjadi problem solver dalam konteks pelaku agama itu sendiri,” ucapnya.

Selain itu, pemahaman keagaamaan yang bersifat moderat penting untuk mulai dikonstruksikan. Misalnya, saat satu pandangan menilai syariat harus dijalankan sedangkan satunya menilai tidak perlu melakukan apapun dalam situasi yang sama-sama darurat. Dalam keadaan seperti itu, maka dibutuhkan upaya titik temu untuk umat beragama.

Baca: Menlu: Peran dan Dukungan NU Sangat Penting Bagi Pemerintah

“Maka, perlu mencari titik tengah yang sesuai dengan syariat dan bisa dijalankan umat beragama. Dalam kondisi tersebut yang terpenting untuk dimiliki adalah kematangan kita beragama dan kedewasaan kita dalam keberagaman,” tambahnya. (aw/republika/merdeka).

 

DISKUSI: