Habib Luthfi Beri Pesan Bertarekat Jangan Main-main

0
189

Sumber: wikipedia.org

Pekalongan, Liputanislam.com– Rais Aam Idarah Aliyyah Jamiyyah Ahlith Thariqah al Mu’tabarah an Nahdliyyah (Jatman), Habib Luthfi bin Yahya (Habib Luthfi) memberikan pesan kepada setiap orang yang ingin bertarekat. Menurutnya, orang yang ingin bertarekat terlebih dahulu hendaknya mementapkan niat untuk menata hati. Sebab, bertarekat itu tidak boleh dilakukan main-main atau asal-asalan.

Demikian pesan itu disampaikan Habib Luthfi pada saat memberikan tausyiah sebelum dilakukan pembaiatan Muslimat Watonah Kota Pekalonga untuk Tarekat Syadziliyyah di Kanzus Shalawat, Pekalongan, Jawa Tengah, seperti dilansir NU Online pada Selasa (17/3).

“Jangan sampai kita berbaiat kepada dua thariqah (tarekat). Artinya, kita berguru kepada dua mursyid, sehingga menjadikan dualisme. Jika demikian, maka kita harus menetap pada thariqah yang pertama,” katanya.

Habib Luthfi menjelaskan, jika orang berbaiat kepada dua tarekat maka tarekat yang kedua hanya dijadikan untuk tabarukan saja. Jadi tarekat yang dilanksankan hendaknya tarekat yang pertama.

Baca: PBNU dan MUI Keluarkan Instruksi Dalam Menghadapi Covid-19

Sementara Ketua Muslimat Watonah Kota Pekalongan, Habib Abu Hasyim Basyaiban dalam mauidzah khasanah menyampaikan bahwa jika setelah dibaiat hati masih terasa sumpek (tidak tenang) maka harus memperbanyak dzikir, menjauhi hal-hal maksiat, serta menata hati dengan mengaji. Rencananya setelah pembaiatan ini, pengajian rutin Muslimat Watonah Kota Pekalongan akan dilaksanakan secara bergilir, yakni dari satu kecamatan ke kecamatan yang lainnya. (aw/NU/pelitakarawang).

DISKUSI: