Gubernur Sumbar Minta pelaksanaan MTQ Nasional ke-28 Diundur

0
263

Sumber: hidayatullah.com

Padang, Liputanislam.com– Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno meminta pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 pada Agustus tahun 2020 di Sumatera Barat diundur. Sebagai dampak wabah covid-19, Irwan meminta pelaksanaan MTQ Nasional di jadwal ulang menjadi bulan November 2020.

“Kita akan mengusulkan ke Menteri Agama untuk menunda pelaksanaan MTQ Nasional ini di bulan November. Untuk tanggal pelaksanaannya kita serahkan ke Menteri Agama,” ujarnya di Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (11/4).

Menurut Irwan, walaupun ada penundaan, tetapi semua persiapan MTQ harus tetap berjalan sebagaimana mestinya. Baik dari segi sarana prasarana, maupun para peserta. “Termasuk pembinaan terhadap qoria qoriah ini, tidak ada masalah,” katanya.

Baca: Jelang Ramadhan, Pemerintah Diminta Petakan Covid-19 Hingga ke Desa

Ia juga mengingatkan jajarannya untuk memastikan kesiapan alokasi anggaran pelaksanaan. “Dana yang sudah dianggarkan untuk penanganan covid diupayakan tidak diambil dari anggaran MTQ, jika harus dipotong tetap disisakan. Jika pelaksanaan disetujui Menag bulan November bisa ditambah dari anggaran perubahan,” tegasnya.

“Kita bisa mengurangi kemewahan saat pembukaan, akali bagaimana caranya. Faktanya kita dalam kondisi covid, MTQ diundur dari Agustus, fleksibel saja,” tambah Irwan. (aw/kemenag/langgam).

DISKUSI: