Gubernur Jambi Perintahkan Teliti Khasiat Daun Sungkai Obat Covid-19

0
462

Sumber: infojambi.com

Jambi, Liputanislam.com– Gubernur Jambi Fachrori Umar langsung memerintahkan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi agar segera meneliti khasiat daun Sungkai yang diduga dapat menjadi obat virus covid-19. Bahkan ia meminta Dinas Kehutanan berkoordinasi dengan BPOM, Labkesda dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi guna mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.

Fachrori di Jambi pada Minggu (26/4) menyampaikan harapannya agar hasil penelitian khasiat daun sungkai segera diketahui. Sebab, jika benar kandungan yang terdapat dalam daun Sungkai bisa mengobati Covid-19, maka bisa secepatnya dimanfaatkan untuk mengatasi wabah pandemi yang sedang melanda saat ini.

Soal khasiat daun sungkai berawal ketika Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Monardo dalam rapat perkembangan penanganan Covid-19 bersama para gubernur se-Indonesia, yang dilakukan melalui konferensi video pada Rabu (22/4) lalu. Doni Monardo menyatakan mendapatkan informasi bahwa daun Sungkai memiliki khasiat yang bisa membunuh virus covid-19.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta Gubernur Jambi agar segera mengadakan penelitian terhadap manfaat daun Sungkai. “Tanaman ini menurut informasi banyak tumbuh di Provinsi Jambi. Apa hasilnya, tolong sampaikan ke kami secepatnya. Terima kasih Pak Gubernur,” ucap Doni.

Baca: Konser Amal Rhoma Irama Berhasil Kumpulkan Dana 771 Juta

Sementara Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah menambahkan, jika daun Sungkai terbukti bisa mengobati COVID-19, hasilnya segera dipublikasikan. Sebenarnya daun sungkai sendiri sudah lama digunakan sebagai obat saat anak-anak demam dan sakit kepala serta sakit gigi, asma, bahkan penyakit kulit seperti panu. (aw/republika/antaranews).

 

DISKUSI: