Erick Thohir Prediksi Ekonomi Tahun ini Tumbuh 4-5 Persen

0
1482

Sumber: inews.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri BUMN Erick Thohir memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun ini dapat mencapai angka 4 hingga 5 persen. Pertumbuhan ini didorong dengan adanya percepatan vaksin.

“Kita juga berharap dengan percepatan vaksin, Indonesia secara ekonomi tumbuh. Pemerintah memproyeksikan tahun ini akan mulai tumbuh lagi 4-5 persen di akhir tahun ini,” kata Erick, Senin (31/5).

Dia menerangkan, pemulihan kesehatan di Indonesia dengan adanya program vaksinasi diharapkan dapat dipercepat. Jika sektor kesehatan dapat segera pulih, laju ekonomi juga dapat mengalami peningkatan.

Baca: Jokowi Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Minus 5 Persen

Dia menyebutkan, Indonesia memiliki jumlah 75,9 juta dosis vaksin. Hingga Mei 2021, realisasi vaksin tercatat sudah mencapai 26,9 juta orang di Indonesia.

“Alhamdulillah sampai saat ini Indonesia sudah punya 75,9 juta vaksin di mana dari 75,9 juta itu kalau satu rakyat Indonesia mempergunakan dua dosis, maka cukup untuk 37,5 juta. Pemerintah dibantu rakyat semua kita sudah mendapatkan vaksinasi 26,9 juta yang sudah divaksin,” terangnya.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menambahkan, untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional, penanganan pandemi dan pelaksanaan vaksinasi harus dipastikan berjalan efektik.

Sri Mulyani mengungkapkan, Indonesia juga perlu mewaspadai sejumlah risiko yang bisa menghambat pemulihan ekonomi, seperti rebalancing economy China, atau permasalahan global seperti proteksionisme, tensi geopolitik, dan perubahan iklim.

“Pemerintah sependapat bahwa risiko-risiko ini harus dimitigasi dengan berbagai langkah kebjakan yang antisipasif,” ungkapnya. (sh/kontan/republika)

DISKUSI: