Ekonom Prediksi Inflasi Januari 2020 Stabil

0
114

Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Sejumlah ekonom memprediksi tingkat inflasi pada Januari 2020 rendah dan stabil. Inflasi Januari ini akan dipengaruhi oleh kenaikan harga bahan pokok di pasar.

“Adapun inflasi inti cenderung stabil di kisaran 3,02 persen (yoy),” kata Ekonom PT Bank Permata Tbk. Josua Pardede, Jumat (31/1).

Baca: BI Prediksi Inflasi Januari 0,42 Persen

Dia mengatakan, inflasi didorong oleh kenaikan beberapa harga komoditas pangan, seperti beras, bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit. Hal ini dipengaruhi oleh penurunan pasokan komoditas pangan.

“Inflasi bulan Januari 2020 diperkirakan meningkat sebesar 0,42 persen (mtm) yang tercatat 0,34 persen,” ujarnya.

Sementara itu, Ekonom PT Bank Central Asia Tbk. David E. Sumual memprediksi inflasi pada Januari cenderung stabil di kisaran 0,47 persen.

“Kami memprediksi inflasi pada Januari 2020 di angka 0,47 persen. Adanya banjir dan cuaca buruk akan berdampak pada harga bahan pokok di pasar,” tuturnya.

Meski stabil, dia mengimbau agar pemerintah dapat melakukan stabilisasi gejolak harga pangan dengan cara memperbaiki jalur distribusi saat terjadi bencana atau cuaca buruk. (sh/tempo/bisnis)

 

 

 

 

DISKUSI: