BI Prediksi Inflasi Januari 0,42 Persen

0
83

Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Bank Indonesia (BI) memprediksi inflasi pada Januari 2020 sebesar 0,42 persen secara bulanan (mtm) dan 2,82 persen secara tahunan (yoy). Inflasi ini berdasarkan Survei Pemantauan Harga BI pada pekan keempat bulan ini.

“0,42 persen ini lebih rendah dari rata-rata lima tahun terakhir yang sebesar 0,64 persen,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo, Jakarta, Jumat (24/1).

Baca: BPS: Inflasi Desember 2019 Capai 0,34 Persen

Perry menyampaikan, inflasi Januari berasal dari beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga karena musim hujan. Penyumbang inflasi tertinggi adalah cabai merah dan bawang merah.

“Nah tekanan-tekanan harga karena musim hujan pengaruhi panen. Cabai merah, bawang merah, beras, dan beberapa sayuran pengaruhi inflasi,” ujarnya.

Meskipun begitu, ada beberapa komoditas yang mengalami deflasi, seperti transportasi angkutan udara, bensin dan ayam. Menurutnya, target sasaran inflasi pada tahun ini di kisaran 2 persen sampai 4 persen akan tercapai.

Dia menilai, inflasi yang terus menurun ini dipengaruhi oleh beberapa perbaikan struktural seperti pengaruh penguatan nilai tukar rupiah, turunnya harga impor, dan dampak rambatan kenaikan inflasi volatile food dan inflasi administered prices.

Sementara itu, ekonom Core Indonesia Yusuf Rendy mengatakan, ada potensi inflasi pada bulan-bulan berikutnya akibat gagal panen yang disebabkan oleh musim hujan.

“Namun jika berbicara inflasi pada bulan-bulan berikutnya maka ada potensi inflasi juga dari dampak gagal panen karena musim hujan,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, inflasi juga akan dipengaruhi oleh kenaikan tariff cukai rokok. Berdasarkan data BPS, proporsi pengeluaran masyarakat untuk konsumsi rokok sekitar 12 persen.

“Maka di Desember lalu, inflasi rokok tergabung dalam kelompok bersama makanan minuman jadi, tembakau, mencapai 0,29 persen. Bulan ini saya prediksi bisa berada di kisaran 0,30 persen sampai 0,40 persen,” jelasnya. (sh/wartaekonomi/bisnis)

DISKUSI: