Dorong Pertanian di Sulsel, Kementan Berikan Bantuan Rp 150 Miliar

0
140

Sumber: independensi.com

Makassar, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan pertanian untuk petani di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sebesar Rp 150 miliar.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, dengan bantuan tersebut diharapkan pertanian di Sulsel bisa menjadi lebih baik.

“Saya percara Sulsel akan lebih baik dan apa yang saya buat itu contoh dari petani. Pertanian harus dikelola dengan teknologi yang baik. Dengan program Kostratani (Komando Strategis Pertanian) di Kecamatan dengan menggunakan teknologi, saya akan mudah mengetahui bila ada penyimpangan seperti kekurangan pupuk, termasuk pemetaan lahan melalui satelit,” kata Syahrul, Sabtu (25/1).

Baca: Target Ekspor Komoditas Pertanian Naik Tiga Kali Lipat

Adapun bantuan dengan nilai Rp 150 miliar ini merupakan bantuan dalam bentuk barang, seperti 50 unit traktor roda empat, 100 unit traktor roda dua, 100 unit pompa air, dan 30 unit combine harvester.

Kemudian, 33.000 ton benih padi, 27.000 ton benih jagung hibrida, 180 ton benih kacang tanah, 338 benih kedelai, 25 ton benih kacang hijau dan pembagian Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 5 perwakilan kelompok tani.

“Semua bantuan yang diberikan itu hanya sebagai stimulant yang perlu segera dilakukan adalah terus melakukan konsolidasi dan merubah paradigm pengelolaan usaha tani menjadi skala bisnis,” tuturnya.

Dia menyampaikan, pihaknya akan mengawasi melalui Kostratani dan Agricultural War Room (AWR) dengan daya dukung berupa akurasi data. Jadi, jika ada masalah, maka hal itu bisa segera diselesaikan.

“Kami monitoring setiap permasalahan termasuk distribusi pupuk bersubsidi yang saya terima beritanya sewaktu memaparkan Kostratani di kantor pusat Food and Agriculture Organization (FAO) atau Organisasi Pangan Dunia di Roma. Tidak butuh lama, hal itu bisa diselesaikan,” ungkapnya. (sh/kompas/antaranews)

 

 

DISKUSI: