Target Ekspor Komoditas Pertanian Naik Tiga Kali Lipat

0
97

Sumber: rmco.id

Sidoarjo, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) memutuskan untuk meningkatkan target ekspor komoditas pertanian hingga tiga kali lipat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, saat ini nilai ekspor komoditas pertanian sebesar Rp 9 triliun. Jika dinaikkkan tiga kali lipat, maka nilai ekspornya mecapai Rp 27 triliun.

“Saat ini pertanian ekspornya kira-kira sudah Rp 9 trilin. Tapi kami sepakat di Kementerian Pertanian itu dalam 5 tahun ini menargetkan bisa meningkat 3 kali lipat. Ekspor kita kalau saat ini 9 triliun dikali 3 berarti harus Rp 27 triliun,” kata Syahrul di Sidoarjo, Minggu (8/12).

Baca: Impor Sektor Pertanian Jadi PR Utama Mentan Baru

Dia menyampaikan, untuk mencapai target ekspor ini, pihaknya memerlukan dukungan dari semua pihak. Untuk itu, dia mengajak dunia usaha dan masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan target tersebut.

“Ini membutuhkan pikiran sama-sama. Kalau begitu pertanian bukan program pemerintah saja, pertanian adalah gerakan rakyat untuk mau berbicara atas kepentingan dunia,” tuturnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor pertanian mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pada 2013, jumlah volume ekspor produk pertanian mencapai 33,5 juta ton. Kemudian, mengalami dua kali kenaikan pada tahun 2016 menjadi 36,1 juta ton dan 40,4 juta ton.

Pada 2017, ekspor produk pertanian meningkat menjadi 41,3 juta ton, dan bertambah pada 2018 menjadi 42,5 juta ton. Jika diakumulasi, nilai ekspor produk pertanian Indonesia selama periode 2014-2018 mencapai Rp 1.957,5 triliun.

Dia menyatakan, sektor pertanian menjadi kekuatan Indonesia. Untuk itu, kata dia, sektor ini harus terus didorong dan diperkuat bersama-sama.

“Sekali lagi kepentingan nasional kita udah bisa penuhi, tapi bicara untuk kepentingan dunia ini membutuhkan kebersamaan kita mendorongnya,” ujarnya. (sh/republika/liputan6)

DISKUSI:
SHARE THIS: