Core: Pertumbuhan Ekonomi RI -2 Persen pada Tahun Ini

0
64

Sumber: theiconomics.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Center of Reform on Economics memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 di kisaran -2 persen akibat wabah corona.

“CORE memprediksikan ekonomi Indonesia secara kumulatif tumbuh di kisaran -2% hingga 2%,” tulis Core dalam siaran pers, Minggu (29/3).

Core mengatakan, kondisi ini bisa saja lebih buruk jika penyebaran virus corona di Indonesia berlangsung lebih dari dua kuartal dan negara-negara yang menjadi mitra utama ekspor mengalami hal serupa.

Baca: Dampak Virus Corona, BI: Pertumbuhan Ekonomi Bisa di Bawah 5 Persen

“Dalam kondisi tersebut, tekanan permintaan domestik dan global akan lebih lama, sehingga sangat kecil peluang ekonomi akan tumbuh positif,” ujarnya.

Selain itu, virus corona berpotensi mendorong peningkatan angka kemiskinan dan pengangguran. Orang-orang yang bekerja di sektor informal, termasuk yang mengandalkan upah harian akan terancam kehilangan mata pencaharian.

“Apabila penanganan pandemi berlangsung lama, periode pembatasan dan penurunan mobilitas orang akan semakin panjang. Akibatnya, golongan rentan miskin dan hampir miskin yang bekerja di sektor informal dan mengandalkan upah harian akan sangat mudah kehilangan mata pencaharian dan jatuh ke bawah garis kemiskinan,” tulis Core.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa merosot ke 0 persen jika wabah corona tidak segera tertangani.

“Jika durasi COVID-19 bisa lebih dari 3 sampai 6 bulan, kemudian lockdown, serta perdagangan internasional bisa drop di bawah 30 persen, penerbangan drop sampai dengan 75 persen hingga 100 persen, maka skenario bisa menjadi lebih dalam, pertumbuhan ekonomi bisa di kisaran 2,5 persen bahkan 0 persen,” kata dia. (sh/kumparan/cnbcindonesia)

DISKUSI:
SHARE THIS: