BPS Catat Ekspor Pertanian Februari Naik

0
98

Sumber: mediaindonesia.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor pertanian pada Februari 2020 mengalami kenaikan.

Deputi Bidang Statistik Distribusi Jasa BPS Yunita Rusanti menyebutkan, kenaikan nilai ekspor tersebut sebesar 0,91 persen month to month (mom) dan 28,04 persen year on year (yoy) dengan nilai total 0,30 miliar dolar AS.

Yunita menerangkan, kenaikan ekspor terjadi karena beberapa produk pertanian, seperti biji kakao, sarang burung, tanaman obat, aromatik dan subsector rempah-rempah mengalami peningkatan signifikan.

Baca: Dorong Pertanian di Sulsel, Kementan Berikan Bantuan Rp 150 Miliar

“Pada sektor industri pengolahan yang sebagian bahan bakunya berasal dari pertanian juga mengalami peningkatan meski hanya 3,16 persen,” kata dia, Selasa (17/3).

Yunita menuturkan, naiknya ekspor pertanian ini terjadi di saat sektor migas mengalami penurunan sebesar 0,02 persen.

“Sedangkan untuk ekspor nonmigas seperti pertanian tetap mengalami kenaikan,” tuturnya.

Menurutnya, kenaikan ekspor pertanian berdampak langsung pada kenaikan ekspor keseluruhan Indonesia pada Februari 2020 yang naik sebesar 2,24 persen atau setara dengan 13,94 miliar dolar AS.

“Pada Januari lalu sektor pertanian juga mengalami kenaikan ekspor tertinggi year on year dibanding sektor lainnya yang cenderung turun,” ujarnya.

Selain itu, sektor pertanian merupakan satu-satunya sektor nonmigas yang paling bertahan dari berbagai gejolak dan ancaman krisis, seperti masuknya virus corona di Indonesia. (sh/kompas/republika)

DISKUSI: