BI Yakin Neraca Perdagangan 2020 akan Surplus

0
90

Sumber: kompas.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Bank Indonesia (BI) mengatakan neraca perdagangan pada 2020 berpotensi mengalami surplus seiring dengan membaiknya neraca perdagangan pada 2019.

Berdasarkan data BPS, defisit neraca perdagangan pada 2019 tercatat sebesar 32 miliar per dolar AS. Angka tersebut menurun dibandingkan pada 2018 sebesar 8,7 miliar dolar AS.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menyampaikan, kinerja neraca perdagangan pada tahun lalu menunjukkan perbaikkan.  Dia mengaku optimis pada tahun ini neraca perdagangan akan surplus.

Baca: BPS: Defisit Neraca Perdagangan Sepanjang 2019 Capai 3,2 Miliar Dolar AS

“Defisit neraca dagang keseluruhan tahun lalu semakin membaik, jadi 2020 bisa surplus,” kata Dody, Jakarta, Kamis (16/1).

Dia berharap, dengan kinerja neraca perdagangan yang semakin membaik dapat memperbaiki defisit transaksi berjalan dari kisaran 2,5 persen sampai tiga persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Dia optimis bahwa transaksi modal dan finalsial akan mengalami surplus yang sukup besar sehingga dapat menutup defisit transaksi berjalan.

“Kami harap pada 2020 ini, angka defisit neraca perdagangan semakin mengecil dan akan mempengaruhi transaksi berjalan,” ujarnya.

Pada tahun lalu, perbaikan neraca perdagangan dapat mendorong arus modal asing masuk ke Indonesia menjadi semakin kuat.

“Itu semua membuat inflow masuk Rp 23 trilin,” ucapnya. (sh/republika/katadata)

 

 

 

DISKUSI: