BI: Virus Corona Pengaruhi Tiga Sektor di Indonesia

0
109

Sumber: jawapos.com

Jakata, LiputanIslam Indonesia— Bank Indonesia (BI) mengatakan dampak virus corona terhadap perekonomian di Indonesia saat ini masih diukur. Akan tetapi, ada tiga sektor yang dipastikan terganggu, yaitu pariwisata, perdagangan, dan investasi.

“Terus terang secara kuantifikasi efek dari virus corona masih terus diukur namun yang pasti akibat corona ini ada tiga sektor riil di Indonesia yang terganggu yaitu sektor pariwisata, perdagangan, dan investasi,” kata Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti, Jumat (28/2).

Baca: Bappenas: Ekonomi RI Diprediksi Turun 0,3 Persen Akibat Virus Corona

Destry menerangkan, sektor pariwisata terganggu karena penerbangan dari China terhambat karena adanya virus corona. Padahal, banyak wisatawan yang berlibur di Indonesia berasal dari China. Dari Januari hingga November 2019 tercatat 1,9 juta wisatawan China telah mengunjungi Indonesia.

Dia melanjutkan, wisatawan tersebut berkontribusi dalam penambahan devisa negara dengan nilai mencapai 1,2 miliar sampai 1,5 miliar dolar AS.

Di samping itu, Indonesia sering melakukan impor komoditas dari China. Oleh karena itu, virus tersebut akan mengganggu kegiatan perdagangan Indonesia dengan China.

“Karena hantaman dari wabah ini jika perdagangan China memburuk maka kondisi tersebut juga akan berpengaruh global apalagi ke Indonesia,” ujarnya.

Pada sektor investasi, China merupakan negara nomor dua terbesar dalam penanaman modal ke Indoesia. Bahkan, China baru-baru ini masuk ke industri hilirisasi nikel. Kementerian Perdagangan memprediksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melambat sekitar 0,23 persen akibat virus corona. (sh/kompas/republika)

 

DISKUSI: