Bappenas: Ekonomi RI Diprediksi Turun 0,3 Persen Akibat Virus Corona

0
5

Sumber: tempo.co

Jakarta, LiputanIslam.com— Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan turun sebesar 0,3 persen akibat wabah virus corona.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, penurunan terjadi karena asumsi makro ekonomi nasional terpengaruh oleh perkembangan isu internasional.

“Virus corona berpotensi mengurangi pertumbuhan ekonomi 2020 sebesar 0,3 persen. Asumsi makro ekonomi kita ikutin internasional, tapi tentu kami harus punya best effort untuk menahan ancaman itu,” ujarnya, Senin (24/2).

Baca: Inflasi Februari Diperkirakan Terkerek Gara-gara Virus Corona

Sementara itu, Sekretaris Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Susiwijono menyampaikan, dampak virus corona terhadap perekonomian Indonesia akan terjadi pada Maret nanti.

“Puncaknya virus corona itu 20-30 Januari. Jadi kalau satu sampai dua bulan plus itu berarti di pertengahan Maret akan terasa,” kata dia.

Dia mengungkapkan, dampak virus tersebut terhadap ekonomi Indonesia salah satunya melalui penerimaan negara dari sektor impor yang mengalami penurunan. Sebab, sekitar 74 persen barang modal impor berasal dari China.

“Impor kita kan 74 persen barang modal bahan baku. Memang kita masih punya stok, tapi biasanya siklusnya satu sampai dua bulan akan kesulitan,” ungkapnya.

Dia menyatakan, pemerintah harus terus mengawasi dan berusaha mengatasi situasi ini, dengan mendorong realisasi RUU Omnibus Law Cipta Kerja dan Perpajakan.

“Global sangat dinamis sekali, makanya RUU Cipta Lapangan Kerja dan Perpajakan harus kita dorong secepat-cepatnya supaya bisa respon itu,” ucapnya. (sh/tempo/cnnindonesia)

 

DISKUSI:
SHARE THIS: