BI Prediksi Inflasi Juli 0,04 Persen

0
60

Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi Juli sebesar 0,04 persen (mtm). Hal ini berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan BI pada minggu kedua.

Dengan perkembangan tersebut, inflasi Juli secara tahun kalender diperkirakan sebesar 1,13 persen (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,69 persen (yoy).

“Inflasi berada pada level yang rendah dan terkendali,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, Jumat (10/7).

Onny mengatakan, Inflasi disumbang terutama oleh komoditas telur ayam ras sebesar 0,05 persen, daging ayam ras 0,03 persen, emas perhiasan sebesar 0,03 persen, dan rokok krtek filter 0,01 persen.

Sedangkan komoditas penyumbang deflasi antara lain yaitu bawang merah sebesar 0,08 persen, bawang putih, heruk dan gula pasir masing-masing sebear 0,02 persen, serta cabai merah, cabai rawit, minyak goreng, daging sapid an angkutan udara masing-masing sebesar 0,01 persen.

Baca: Ekonom Prediksi Inflasi Akhir Tahun di Angka 3,0 Persen

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan, inflasi sepanjang 2020 tidak akan melenceng dari target. Berdasarkan prediksi BI, inflasi pada tahun ini akan berada di koridor 3 persen plus minus 1 persen.

“Situasi sekarang ekonomi sedang mengalami dampak pandemi makanya saya katakana kami yakin inflasi masih terkendali sasaran tiga persen plus minus satu persen,” ujarnya.

Dia menuturkan, ke depan BI akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah. Hal ini diharapkan agar inflasi dapat dikendalikan dan ditekan sesuai dengan target BI. (sh/tempo/liputan6)

 

 

DISKUSI: