BI Prediksi Inflasi Februari 0,31 Persen

0
109

Sumber: krjogja.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Bank Indonesia (BI) memprediksi inflasi pada Februari 2020 di kisaran 0,31 persen secara bulanan dan 3,02 secara tahunan. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 0,39 persen.

“Kami perkirakan inflasi lebih rendah dari bulan sebelumnya, perkirakaan kami month to month 0,31 persen, year on year 3,02 persen,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Jakarta, Jumat (28/2).

Perry menjelaskan, inflasi Februari disumbang oleh beberapa komoditas, seperti bawang putih o,1 persen, cabai merah 0,07 persen, dan beras 0,02 persen.

Baca: Inflasi Februari Diperkirakan Terkerek Gara-gara Virus Corona

Dia juga memperkirakan, pada bulan ini akan terjadi deflasi yang disumbang oleh angkutan udara dan bawang merah masing-masing sebesar 0,1 persen.

Dia mengatakan, pemerintah telah berkoordinasi dengan BI dalam mengendalikan harga komoditas sehinga inflasi bisa terjaga. Dia berharap, inflasi pada tahun ini dapaat mencapai target 3 persen plus minus 1 persen.

“Inflasi alhamdullilah terjaga rendah dan kami juga berkoordinasi dengan pemerintah agar inflasi sesuai dengan target 3 persen plus minus 1 persen,” kata dia.

Dia menyampaikan, pemerintah akan terus berusaha agar inflasi sesuai target. Salah satunya dengan memaksimalkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk memantau ketersediaan pasokan pangan, kelancaran distribusi, koordinasi efektif dan menjaga harga.

Dengan inflasi yang stabil, kata dia, maka akan mendukung pertumbuhan ekonomi di tengah situasi ekonomi global yang melambat.

“Inflasi yang rendah dan stabil diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkesinambungan menuju Indonesia maju,” ucapnya. (sh/antaranews/detik/katadata)

DISKUSI: