Sumber: gatra.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 sebesar 5,07 persen. Prediksi ini didasarkan pada Survei Indikator Makro Ekonomi Kuartal IV/2019.

Dalam survei tersebut disebutkan bahwa responden masih optimis ekonomi Indonesia akan semakin membaik seiring dengan membaiknya perekonomian dunia.

“Responden memprakirakan bahwa peningkatan kinerja perekonomian pada tahun 2020 dipengaruhi oleh membaiknya perekonomian dunia dan meningkatnya perekonomian dunia dan meningkatnya investasi nasional baik yang bersumber dari PMDN maupun PMA,” kata BI.

Baca: Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi 2020 di Atas 5 Persen

Survei tersebut juga menjelaskan, optimism responden terhadap prospek perekonomian Indonesia pada 2020 cukup tinggi. Hal ini dilihat dari 81,6 persen responden memprakirakan ekonomi pada 2020 akan tumbuh di kisaran 5,00 persen sampai 5,24 persen.

Dalam hal ini, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, Indonesia termasuk negara yang mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi dengan baik.

“Kalau kita kan hanya turun nol koma sekian saja,” ucapnya.

Dia menilai, Indonesia mampu menjaga pertumbuhan ekonomi karena mampu mempertahankan daya beli konsumsi. Jadi, meskipun ada revisi pertumbuhan ekonomi oleh IMF, Indonesia masih lebih kuat dalam menghadapi situasi ekonomi global dibandingkan negara lain.

“Jadi walaupun ada revisi pertumbuhan IMF tapi (Indonesia) lebih kuat dari negara lain,” ujarnya. (sh/bisnis/liputan6)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*