Azyumardi Azra: Indonesia Beruntung Punya NU dan Muhammadiyah

0
204

Sumber: nu.or.id

Jakarta, Liputanislam.com– Cendekiawan Muslim sekaligus Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Azyumardi Azra mengatakan bahwa Indonesia beruntung memiliki dua organisasi besar yang moderat seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Menurutnya, kedua ormas itu saling melengkapi dalam memperkuat paham Islam moderat di tanah air.

Demikian hal itu disampaikan Azyumardi saat mengisi Simposium Nasional Islam Nusantara: Islam Nusantara dan Tantangan Global yang diselenggarakan Fakultas Islam Nusantara, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia di Gedung PBNU Jakarta pada Sabtu (8/2).

“Kita beruntung Indonesia ini Ummatan Wasatiyah itu bagian terbesarnya Islam Nusantara. Tidak monolitik Islam wasatiyah. Tapi bagian besarnya Islam Nusantara itu Islam yang identik dengan Nahdliyyin, dan satu sayap lagi yang sedikit lebih kecil itu Islam berkemajuan, Muhammadiyah,” ucapnya.

“Saya menyebutnya dua sayap Islam Indonesia yang saling melengkapi satu sama lain. Sebetulnya diantara dua sayap ini saling mendekat beberapa tahun terakhir, karena terjadinya konvergensi keagamaan diantara Nahdliyyin dan Muhammadiyah,” tambahnya.

Baca: Presiden: Kesolidan Anak Bangsa Sangat Penting di Era Globalisasi ini

Azyumardi juga mengatakan bahwa saat ini banyak negara yang mencoba mengembangkan Islam wasatiyah, namun belum berhasil karena tidak terjadinya akomodasi timbal balik antara budaya dan Islam itu sendiri. “Sudah lama Mesir ingin mengembangkan Islam wasatiyah tapi belum berhasil sampai sekarang karena antara budaya dan Islamnya itu tidak kompatibel tidak terjadi akomodasi timbal balik seperti di Indonesia. Oleh karena itu tidak pernah berkembang,” tandasnya. (aw/republika/NU).

DISKUSI: