Awal Pekan, Rupiah Melemah ke Posisi Rp 14.255 per Dolar AS

0
88

Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada pembukaan perdagangan Senin (9/3) melemah ke posisi Rp 14.255 per dolar AS. Rupiah melemah 0,08 persen dibandingkan posisi sebelumnya.

Ekonom Center of Reform on Economics Piter Abdullah Redjalam mengatakan, pelemahan rupiah masih disebabkan oleh kekhwatiran pasar terhadap penyebaran virus corona.

Baca: Akhir Pekan, Rupiah Melemah ke Posisi Rp 14.243 per Dolar AS

“Sehingga potensi pelemahan rupiah juga masih terbuka,” kata Piter, Senin (9/3).

Dia menyampaikan, pelaku pasar memprediksi perlambatan pertumbuhan ekonomi akibat wabah virus corona yang semakin bertambah. Kasus corona di seluruh dunia mencapai 109.839 dan korban jiwanya mencapai 3.803.

Di Indonesia, jumlah kasus yang positif virus corona bertambah dua orang sehingga saat ini totalnya menjadi enam kasus.  Sedangkan jumlah pasien yang diduga terinfeksi virus corona bertambah menjadi 23 orang.

“Atau dengan kata lain asudah di price in sejak meningkatnya isu virus corona,” ucapnya.

Hal ini juga diungkapkan oleh Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra. Menurutnya, virus corona masih akan menjadi sentimen negatif bagi pergerakan rupiah pada hari ini.

“Kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona masih akan menjadi sentimen negatif untuk rupiah hari ini,” ungkapnya.

Di memperkirakan, kurs rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran Rp 14.200 per dolar AS hingga Rp 14.400 per dolar AS. (sh/kompas/katadata/cnbcindonesia)

DISKUSI: