April 2020, Ekspor Perikanan Jateng Naik Jadi 5,186 Ton

0
65

Sumber: beritasatu.com

Semarang, LiputanIslam.com— Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasip Perikanan (BKIPM) Semarang, Raden Gatot Perdana mengatakan volume ekspor perikanan dari Jawa Tengah pada April 2020 mengalami peningkatan.

Gatot menyebutkan, volume ekspor perikanan naik menjadi 5.186 ton atau meningkat 2,72 persen secara bulanan dibandingkan bulan sebelumnya.

“Bahkan volume ekspor yang dibukukan April ini, juga masih lebih tinggi 35,59 persen (year on year/yoy) jika dibandingkan volume ekspor periode bulan yang sama tahun lalu,” kata Gatot, Semarang, Jumat (29/5).

Baca: Ekspor Produk Perikanan Sulsel Naik 600 Persen

Akan tetapi, dia mengungkapkan, dari sisi nilai, ekspor perikanan Jateng pada April 2020 mengalami penurunan sampai 15,58 persen secara bulanan. Total nilai ekspor perikanan pada April ini sebesar Rp 254 miliar atau turun dibandingkan bulan sebelumnya sebesar Rp 291 miliar.

sedangkan, nilai ekspor perikanan secara tahunan mengalami peningkatan sebesar 6,20 persen (yoy) dibandingkan posisi yang sama tahun sebelumnya.

Produk perikanan Jateng telah mengisi pasar ekspor di 19 negara. 5 negara tujuan ekspor paling besar adalah Amerika Serikat (AS), Jepang, China, Malaysia, dan Korea Selatan.

Dalam hal ini, Kepala BPIKM Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rina memastikan layanan ekspor perikanan akan tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19.

“Layanan ekspor produk perikanan tetap berjalan dengan meminimalkan kondisi tatap muka langsung dengan pengguna jasa,” ujarnya.

DIa menyampaikan, selama pandemi, pihaknya tetap konsisten melaksanakan fungsi pengendalian Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan. (sh/antaranews/republika)

 

DISKUSI: