Apindo Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal 1 di Bawah 5 Persen

0
94

Sumber: inews.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal 1 2020 di bawah 5 persen.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terkena dampak wabah virus corona. Dia memperkirakan ekonomi akan tumbuh di kisaran 4,8 sampai 5,1 persen.

“Pengaruhnya sangat besar ke perekonomian kemarin kami perkirakan pertumbuhan ekonomi 4,8 sampai 5,1 persen, tapi kalau situasinya begini kemungkinan besar bisa di bawah 5 persen karena kita belum tahu kapan krisis ini berlangsung,” ujar Hariyadi, Minggu (9/2).

Baca: Pertumbuhan Ekonomi Tak Capai Target, Indef: Banyak yang Harus Diperbaiki

Dia menyampaikan, untuk mengantisipasi dampak dari virus corona, investasi harus terus diperkuat. Akan tetapi investasi sering kali terhambat oleh aturan ketenagakerjaan dan perijinan yang ribet. Dalam hal ini, pengusaha berharap kepada pembentukan omnibus law.

“Aturan pajak juga tidak kompetitif, makanya harus diubah. Kalau omnibus law ini bisa disetujui di DPR, maka diharapkan bisa mentrigger investasi,” ucapnya.

Dia menuturkan dengan adanya omnibus law juga diharapkan bisa mendorong penyerapan tenaga kerja. Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga bisa sedikit di atas 5 persen.

“Dengan catatan kalau omnibus law besok lancar dan sesuai dengan ekspektasi kita semua, mungkin masih bergerak di 5,3 persen sampai akhir tahun,” tuturnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, pemerintah telah melakukan sejumlah langkah antisipasi, salah satunya dengan menurunkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi 6 persen.

“Salah satunya dengan menurunkan suku bunga KUR menjadi 6 persen dan meningkatkan plafon KUR sebesar 37 persen menjadi Rp 140 triliun,” kata dia.

Dengan adanya kebijakan KUR diharapkan geliat ekonomi pada kelompok masyarakat menengah ke bawah tetap terjaga. (sh/kontan/cnbcindonesia)

DISKUSI: