Antisipasi Virus Corona, Mendag Batasi Impor Makanan dan Minuman dari China

0
110

Sumber: merdeka.com

Surabaya, LiputanIslam.com— Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan akan selektif melakukan impor makanan dan minuman dari China. Hal ini sebagai upaya untuk mengantisipasi masuknya virus Corona ke Indonesia.

“Impor kita harus hati-hati terutama dengan berkaitan dengan makanan dan minuman. Terutama yang terjangkit virus, dari daerah yang ke sana (China) itu harus hati-hati menerima kiriman barang tersebut,” ujarnya, Surabaya, Jumat (31/1).

Baca: WHO Umumkan Virus Corona Berstatus Darurat Internasional

Agus menyatakan, semua makanan dan minuman akan diseleksi dengan ketat. Sebab, penyebaran tersebut sudah dalam taraf yang mengkhawatirkan.

“Makanan dan minuman, semua jenis, karena tidak spesifik makanan apa, tapi yang namanya makanan dan minuman ini kan langsung dikonsumsi oleh penduduk kita,” ucapnya.

Akan tetapi, dia menyampaikan, pemerintah tidak bisa serta merta melakukan penghentian impor dari China karena akan merugikan para importir. Untuk itu, harus dicarikan solusi yang baik untuk semua pihak.

“Ya tetap harus kami antisipasi hal-hal ini, paling tidak yang tadinya pesan sekarang pasti berfikir dan mengurangi,” kata dia.

Saat ini, virus corona telah merenggut nyawa 213 orang dan menginfeksi ribuan orang. Dalam hal ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan penyebaran virus corona sebagai darurat kesehatan global. (sh/cnnindonesia/republika)

 

DISKUSI: