WHO Umumkan Virus Corona Berstatus Darurat Internasional

0
128

Direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus

Jenewa, LiputanIslam.com–Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan pada Kamis (30/1) kemarin bahwa wabah virus corona di Cina kini telah berstatus darurat internasional.

Direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyampaikan pengumuman ini setelah melakukan pertemuan dengan Komite Darurat di tengah meningkatnya jumlah orang yang terinfeksi virus ini di sekitar 18 negara.

Lewat konferensi pers di Jenewa, ia menekankan bahwa pengumuman ini bukan pernyataan ‘ketidakpercayaan pada Cina’. Kekhawatiran terbesar WHO hanyalah sebatas potensi penyebaran virus ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang kurang berkembang.

Pekan lalu, para ahli WHO memutuskan untuk tidak mengumumkan keadaan darurat dalam rangka mencari lebih banyak informasi dari Cina dan menunggu bukti penyebaran virus di negara lain, sehingga memenuhi kriteria untuk diberikan status darurat global.

Deklarasi ini memicu rekomendasi untuk semua negara agar menghindari campur tangan yang tidak perlu dalam perdagangan dan perjalanan. Termasuk di dalamnya, rekomendasi bagi otoritas kesehatan nasional di seluruh dunia untuk meningkatkan pemantauan, kesiapsiagaan, dan tindakan pengendalian. (ra/Reuters)

 

DISKUSI: