Antisipasi Corona, PBNU Imbau Ibadah di Rumah

0
150

Sumber: netralnews.com

Jakarta, Liputanislam.com– Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Sekretaris Jenderal, Helmy Faishal Zaini mengimbau masyarakat agar melakukan ibadah di rumahnya masing-masing. Hal ini sebagai upaya pencegahan menyebarnya virus corona (covid-19). Apalagi untuk daerah-daerah yang sudah banyak terjangkit virus tersebut.

“Di zona yang penyebarannya sudah sangat masif, kita sarankan untuk shalat di rumah masing-masing. Misalnya di sebagian besar wilayah Jakarta. Di beberapa negara seperti di Kuwait, kita lihat shalatnya juga di rumah masing-masing,” ucapnya di Jakarta pada Minggu (15/3).

PBNU juga mengimbau untuk menunda penyelenggaraan acara yang mengundang massa dalam jumlah besar, termasuk kegiatan majelis taklim maupun tabligh akbar. Acara atau kegiatan seperti itu sebaiknya ditunda untuk sementara waktu.

“Acara-acara majelis taklim yang mengundang orang dalam jumlah banyak, 20 orang atau seterusnya, ada baiknya ditunda dulu. Bersama-sama kita ikuti terus upaya pemerintah menanggulangi pasien-pasien terpapar corona,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir yang mengingatkan seluruh umat Muslim, khususnya di wilayah yang memiliki kasus infeksi virus corona untuk melakukan berbagai langkah pencegahan. Di antaranya adalah tidak saling bersalaman dan terus menjaga kebersihan diri masing-masing.

Baca: Cegah Corona, Menag Imbau Jaga Kebersihan dan Pola Hidup Sehat

“Jangan saling bersalaman, jaga kebersihan diri masing-masing, masjid dan mushala harus selalu dibersihkan, dan ikuti protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19. Memang jangan panik, tapi orang Islam jangan menyepelekan wabah Covid-19,” katanya. (aw/republika/merdeka).

 

DISKUSI: