Akhir Pekan, Rupiah Menguat ke Posisi Rp 16.170 per Dolar AS

0
123

Sumber: kompas.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Jumat (27/3) berada di posisi Rp 16.170 per dolar AS. Rupiah menguat 135 poin atau 0,83 persen dibandingkan perdagangan hari sebelumnya.

Sementara, berdasarkan kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah berada di posisi Rp 16.230 per dolar AS atau menguat dibandingkan Kamis (26/3) di posisi Rp 16.238 per dolar AS.

Baca: Rupiah Menguat ke Posisi Rp 16.500 per Dolar AS

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai, penguatan rupiah dipengaruhi oleh optimism pasar dengan penerapan uji coba lockdown di wilayah Jawa Tengah, di kota Tegal, dan Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes dengan pengawasan yang ketat.

“Apa yang dilakukan oleh kota Tegal dan Kec. Bantarkawung ini bisa dilakukan di kota-kota lainnya sehingga ketakutan masyarakat mengenai virus corona tidak akan berlangsung lama, sehingga pasar akan kembali bergairah, dana asing akan kembali masuk pasar saham dan obligasi dalam negeri,” ujar dia.

Selain itu, rupiah juga terdorong oleh persetujuan paket stimulus dari Senat AS. Paket tersebut telah akan ditandatangani DPR dan menjadi Undang-Undang pada akhir pekan ini. Nilai paket tersebut disebutkan sebesar 2 triliun dolar AS. Akan tetapi Gedung Putih menyebut stimulus dapat lebih besar dari 6 triliun dolar AS.

“Fokus pasar tetap pada stimulus 2,2 triliun dolar AS yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan diharapkan akan disetujui oleh DPR AS,” kata dia. (sh/kompas/cnnindonesia)

 

DISKUSI: