Airlangga Sebut Ekonomi Indonesia Jadi Patokan di ASEAN

0
104

Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran angka 5 persen menjadi patokan di ASEAN.

“ASEAN itu tergantung Indonesia. Indonesia sangat positif 5 persen dalam 10-15 tahun, Indonesia di ASEAN jadi kunci,” ujar Airlangga, Jakarta, Selasa (28/1).

Baca: Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi 2020 di Atas 5 Persen

Dia menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 5 persen menunjukkan bahwa Indonesia tidak mengalami gejolak di tengah ketidakpastian ekonomi global.

“Indonesia dalam tanda petik baik maka tidak terjadi gejolak. Harusnya Indonesia galak sedikit, ceritanya akan beda,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksi ekonomi Indonesia pada 2020 akan tumbuh di atas 5 persen.

Dia menuturkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan didorong oleh faktor domestik, yakni kebijakan omnibus law di bidang kesempatan kerja dan bidang perpajakan. Kebijakan tersebut akan berpengaruh positif terhadap investasi.

Sementara itu, Ekonom Senior Faisal Basri menilai, eknonomi Indonesia pada tahun ini tidak akan tumbuh di atas 5 persen. Dia juga mengatakan, jika pertumbuhan ekonomi Indonesia meleset dari target, maka yang disalahkan adalah faktor eksternal.

“faktor eksternal yang dijadikan kambing hitam: perang dagang AS-China, kebijakan The Fed, harga minyak dunia, ketegangan di Timur Tengah, pertumbuhan ekonomi China yang melemah, harga komoditi dunia, proses pemakzulan Presiden Donald Trump, dan masih banyak lagi,” jelasnya. (sh/liputan6/cnbcindonesia)

 

 

DISKUSI: