Survei: Masyarakat Optimis Ekonomi Akan Pulih

0
132

Sumber: sindonews.com

LiputanIslam.com— Survei yang dilakukan ISPOS menunjukkan masyarakat Indonesia memiliki optimisme yang tinggi bahwa ekonomi akan segera pulih. IPSOS adalah perusahaan riset pemasaran dan opini masyarakat global terhadap enam negara di Asia Tenggara, Indonesia Malaysia, Filipina, Vietnam, Singapuran dan Thailand.

Managing Direktor IPSOS Indoneisa Soeparto Tan menerangkan, optimisme masyarakat Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan lima negara lain.

“Survei kedua yang digelar pada September 2020, Indoneisa terlihat cukup unggul dibanding lima negara lain yang disurvei,” kata dia Kamis (5/11).

Baca: Indonesia Alami Resesi, Ekonom: Ekonomi Kuartal IV Masih Negatif

Ada 500 responden yang disurvei IPSOS di setiap negaranya. Survei tersebut dilaksanakan dengan tiga tujuan. Pertama, melihat di tahap mana setiap negara di Asia Tenggara bereaksi terhadap Covid-19.

Kedua, melihat sehauh mana dampak Covid-19 terhadap penghasilan masyarakat dan bagaimana harapan mereka dalam enam bulan ke depan.

Ketiga, bagaimana kegiatan perekonomian selama pandemi dan produk apa saja yang terdampak atau tidak terdampak pandemi.

Berdasarkan hasil survei tersebut, keyakinan masyarakat Indonesia tentang pemulihan ekonomi lebih tinggi dari negara lainnya.  Soeparto menyebutkan, dari 500 responden Indonesia, 4 persen mengaku sudah mengalami kenaikan pendapatan. Sementara 21 persen responden mengaku pendapatannya sudah stabil.

Menurutnya, optimisme masyarakat Indonesia terhadap pemulihan ekonomi tinggi karena masyarakat merasa terbantu dengan bantuan-bantuan masif yang diberikan pemerintah. Mereka juga yakin vaksin bisa segera ditemukan dan diproduksi pada tahun depan.

Selain itu, survei tersebut menunjukkan aspek kesehatan menjadi prioritas utama dalam menghadapi pandemi. Hal ini terlihat dari 60 persen responden yang ingin agar masalah Covid-19 adari sisi kesehatan benar-benar diselesaikan terlebih dahulu. (sh/pikiran-rakyat/cnnindonesia)

 

 

DISKUSI: