12 Ribu Sekolah Belum Tersambung Jaringan Internet

0
183

Sumber: detik.com

LiputanIslam.com— Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan masih ada 12 ribu sekolah yang belum tersambung dengan akses internet. 12 Ribu sekolah tersebut berada di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T).

“Dapodik (Data Pokok Pendidikan) menyatakan 12 ribu sekolah kita belum punya akses internet, dan kita lihat keseluruhan di daerah 3T,” Kata Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Praptono, Kamis (22/10).

Praptono juga mengungkapkan, sebanyak 48 ribu sekolah memiliki jaringan internet yang buruk. Hal ini membuat sebagian guru menilai pembelajaran sebaiknya dilakukan dengan tatap muka atau dikombinasikan dengan pembelajaran daring.

Baca: Ini Rincian Protokol Kesehatan Bagi Sekolah dan Pesantren

Berdasarkan survei Wahana Visi Indonesia, hanya 5 persen dari 27.046 responden guru yang setuju pembelajaran dilakukan dengan tatap muka, 45 persen dikombinasi jarak jauh dengan tatap muka, 38 persen setuju belajar sepenuhnya daring, dan 12 persen setuju pembelajaran jarak jauh.

“48 ribu satuan pendidikan punya problem jaringan yang tidak baik, ada tapi tidak baik dan kuat, ini mayoritas di daerah 3T,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan fokus menata 400 desa di daerah 3T untuk terhubung dengan jaringan internet pada 2021. Upaya ini dilakukan untuk mendukung transformasi digital.

“Sekarang kita juga harus mengejar agar tidak boleh ada satu desa yang tidak terkoneksi internet,” kata dia.

Dia menuturkan, di masa pandemi ini, infrastruktur digital menjadi salah satu infrastruktur yang dipriotiraskan. Dalam APBN 2021, alokasi anggaran untuk mendukung tranformasi digital mencapai Rp 29,6 triliun. Alokasi anggaran tersebut untuk mewujudkan pemerintahaan dan pelayanan public yang efisien dan cepat. (sh/cnnindonesia/antaranews)

 

DISKUSI: